PEMETAAN STANDAR ISI SK KD
Nama : Purwaji, S.Pd.
Mata
Pelajaran : Produktif
Kompetensi
Keahlian : Administrasi
Perkantoran
Kelas : XI / IV
Standar Kompotensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahap Berfikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahap Berfikir
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Melakukan
prosedur administrasi
|
1.1
Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
|
C1
|
1.1.1
Menyebutkan dokumen-dokumen kantor
1.1.2
Menjelaskan dokumen-dokumen kantor
1.1.3
Menunjukkan dokumen-dokumen kantor
1.1.4
Menandai dokumen-dokumen kantor
1.1.5
Mengelompokan dokumen-dokumen kantor
1.1.6
Membedakan dokumen-dokumen kantor
1.1.7
Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
|
C1.1
C1.2
C1.3
C1.4
C1.5
C1.6
C1.7
|
Dokumen-dokumen
kantor
|
30
menit
20
menit
20
menit
20
menit
20
menit
30
menit
30
menit
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Produktif Semester
: IV
Kelas : XI/4 Tahun
Pelajaran : 2012/2013
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sumber
Ajar
|
Alokasi
Waktu
|
Nilai
Karakter
|
Melakukan prosedur administrasi
|
1.1
Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
|
Dokumen-dokumen
kantor
|
TM:
1. Mencermati macam-macam dokumen untuk dapat mengetahui
macam-macam dokumen kantor
2. Membaca diktat tentang macam-macam
dokumen untuk menggali informasi lebih dalam tentang dokumen-dokumen kantor
3. Bertanya jawab
pada sumber untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang
dokumen-dokumen kantor
4. Menandai
dokumen-dokumen kantor
5. Mengelompokan
dokumen-dokumen kantor
6. Bertanya jawab
dengan sumber untuk dapat membedakan dokumen-dokumen kantor
7. Mengidentifikasi dokumen-dokumen
kantor
PT
Mengelompokan
dokumen –dokumen kantor sesuai dengan
prosedur kantor
KMTT
|
1.1.1 Menyebutkan
dokumen-dokumen kantor
1.1.2 Menjelaskan dokumen-dokumen
kantor
1.1.3 Menunjukan dokumen-dokumen
kantor
1.1.4 Menandai dokumen-dokumen
kantor
1.1.5 Mengelompokan dokumen-dokumen
kantor
1.1.6 Membedakan dokumen-dokumen
kantor
1.1.7 Mengidentifikasi dokumen
dokumen kantor
|
1. Tes Lisan
2. Tes tertulis
Penugasan
|
|
30’
20’
20’
20’
20’
30’
30’
170/45
=
4 JP
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa
ingin tahu
·
Cermat
·
Gemar
membaca
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMK YAGSMI KOTABUMI
Mata
pelajaran : Produktif
Kelas/Semester :
XI/IV
Kompetensi
keahlian : Administrasi Perkantoran
Alokasi
waktu : 4 x 45’
Standar Kompetensi : Melakukan Prosedur Administrasi
Kantor
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi Dokumen-dokumen Kantor
Indikator Pencapaian
Pembelajaran :
1.
Menyebutkan dokumen-dokumen kantor
2.
Menjelaskan dokumen-dokumen kantor
3.
Menunjukkan dokumen-dokumen kantor
4.
Menandai dokumen-dokumen kantor
5.
Mengelompokkan dokumen-dokumen kantor
6.
Membedakan dokumen-dokumen kantor
7.
Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
I. Tujuan Pembelajaran
1.
Menyebutkan dokumen-dokumen kantor melalui
pengamatan gambar
2.
Menjelaskan dokumen-dokumen kantor melalui kaji
pustaka/membaca
3.
Menunjukkan dokumen-dokumen melalui tanya jawab
dengan sumber belajar
4.
Menandai dokumen-dokumen kantor dengan cermat
5.
Mengelompokkan dokumen-dokumen kantor dengan
tepat
6.
Membedakan dokumen-dokumen kantor dengan benar
7.
Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor sesuai
dengan prosedur
II. Materi
Ajar
1.
Materi Fakta
Mengamati beberapa
contoh bentuk dokumen
2.
Materi Konsep
a.
Diktat ( terlampir )
b.
Buku Surat Menyurat Indonesia
3.
Materi Prosedur
Dokumen- dokumen kantor
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Pengamatan
2.
Kaji Pustaka
3.
Diskusi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan 1
A.
Pendahuluan
Ø
Apersepsi, motivasi dan pra konsep
Ø
Menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
Ø
Siswa secara individual mengamati contoh bentuk
dokumen-dokumen kantor yang ditampilkan untuk
mengetahui macam-macam dokumen kantor dengan cermat (eksplorasi)
Ø
Secara kelompok siswa mendiskusikan hasil
pengamatan secara demokratis (eksplorasi)
Ø
Mempresentasikan hasil diskusi/pengamatan, siswa
yang lain menanggapi dengan penuh tanggungjawab dan saling menghargai (elaborasi dan konfirmasi)
C.
Kegiatan penutup
Ø
Membuat kesimpulan tentang dokumen-dokumen
kantor
Ø
Pemberian tugas secara individual tentang
dokumen dokumen kantor
Kegiatan
2
A.
Pendahuluan
Ø
Apersepsi, motivasi dan pra konsep
Ø
Menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
Siswa secara individual
menandai, mengelompokan untuk dapat membedakan dokumen-dokumen kantor sehingga
mampu mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor sesuai dengan prosedur kantor dengan
cermat dan penuh tanggung jawab (eksplorasi, elaborasi
dan konfirmasi)
C.
Kegiatan Penutup
Pemberian tugas mandiri
tentang pengelompokan dokumen-dokumen kantor
V. Penilaian
1.
Tes Lisan
2.
Tes Tertulis
Soal-soal:
1.
Tes Lisan
Sebutkan macam-macam
dokumen kantor
2.
Tes Tertulis
Menuliskan perbedaan
dokumen-dokumen kantor
Menuliskan
dokumen-dokumen kantor berdasarkan kelompoknya
Kotabumi, 25 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
AHMAD YANI, S.Pd PURWAJI,
S.Pd.
NIP.
19691210 199412 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar