21 Nov 2012

PEMETAAN STANDAR ISI, SKKD, RPP


PEMETAAN STANDAR ISI SK KD

Nama                                      : Purwaji, S.Pd.
Mata Pelajaran                      : Produktif
Kompetensi Keahlian            : Administrasi Perkantoran
Kelas                                       : XI / IV

Standar Kompotensi
Kompetensi Dasar
Tahap Berfikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahap Berfikir
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Melakukan prosedur administrasi
1.1     Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor


C1
1.1.1        Menyebutkan dokumen-dokumen kantor
1.1.2        Menjelaskan dokumen-dokumen kantor
1.1.3        Menunjukkan dokumen-dokumen kantor
1.1.4        Menandai dokumen-dokumen kantor
1.1.5        Mengelompokan dokumen-dokumen kantor
1.1.6        Membedakan dokumen-dokumen kantor
1.1.7        Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
C1.1

C1.2

C1.3

C1.4
C1.5

C1.6

C1.7

Dokumen-dokumen kantor
30 menit

20 menit

20 menit

20 menit
20 menit

30 menit

30 menit











SILABUS

Mata Pelajaran : Produktif                                                                                                                                                                                                                                                                         Semester                : IV
Kelas                     : XI/4                                                                                                                                                                                                                                                                                    Tahun Pelajaran : 2012/2013  

Standar Kompetensi
Kompetensi  Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Penilaian
Sumber Ajar
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
Melakukan prosedur administrasi
1.1     Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor

Dokumen-dokumen kantor
TM:
1.    Mencermati  macam-macam dokumen untuk dapat mengetahui macam-macam dokumen kantor
2.    Membaca  diktat tentang macam-macam dokumen untuk menggali informasi lebih dalam tentang dokumen-dokumen kantor
3.    Bertanya jawab pada sumber untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang dokumen-dokumen kantor
4.    Menandai dokumen-dokumen kantor
5.    Mengelompokan dokumen-dokumen kantor
6.    Bertanya jawab dengan sumber untuk dapat membedakan dokumen-dokumen kantor
7.    Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
PT
Mengelompokan dokumen –dokumen kantor  sesuai dengan prosedur kantor
KMTT


1.1.1    Menyebutkan dokumen-dokumen kantor
1.1.2    Menjelaskan dokumen-dokumen kantor
1.1.3    Menunjukan dokumen-dokumen kantor
1.1.4    Menandai dokumen-dokumen kantor
1.1.5    Mengelompokan dokumen-dokumen kantor
1.1.6    Membedakan dokumen-dokumen kantor
1.1.7    Mengidentifikasi dokumen dokumen kantor

1.  Tes Lisan
2.  Tes tertulis
Penugasan



30’



20’


20’



20’


20’


30’


30’


170/45
= 4 JP
·    Religius
·    Disiplin
·    Rasa ingin tahu
·    Cermat
·    Gemar membaca



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                        : SMK YAGSMI KOTABUMI
Mata pelajaran                      : Produktif
Kelas/Semester                     : XI/IV
Kompetensi keahlian                        : Administrasi Perkantoran
Alokasi waktu                        : 4 x 45’


Standar Kompetensi          : Melakukan Prosedur Administrasi Kantor
Kompetensi Dasar              : Mengidentifikasi Dokumen-dokumen Kantor

Indikator Pencapaian Pembelajaran :
1.      Menyebutkan dokumen-dokumen kantor
2.      Menjelaskan dokumen-dokumen kantor
3.      Menunjukkan dokumen-dokumen kantor
4.      Menandai dokumen-dokumen kantor
5.      Mengelompokkan dokumen-dokumen kantor
6.      Membedakan dokumen-dokumen kantor
7.      Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor

I.     Tujuan Pembelajaran
1.      Menyebutkan dokumen-dokumen kantor melalui pengamatan gambar
2.      Menjelaskan dokumen-dokumen kantor melalui kaji pustaka/membaca
3.      Menunjukkan dokumen-dokumen melalui tanya jawab dengan sumber belajar
4.      Menandai dokumen-dokumen kantor dengan cermat
5.      Mengelompokkan dokumen-dokumen kantor dengan tepat
6.      Membedakan dokumen-dokumen kantor dengan benar
7.      Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor sesuai dengan prosedur

II.   Materi Ajar
1.      Materi Fakta
Mengamati beberapa contoh bentuk dokumen

2.      Materi Konsep
a.       Diktat ( terlampir )
b.      Buku Surat Menyurat Indonesia

3.      Materi Prosedur
Dokumen- dokumen kantor

III.   Metode Pembelajaran
1.      Pengamatan
2.      Kaji Pustaka
3.      Diskusi

IV.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan 1
A.      Pendahuluan
Ø Apersepsi, motivasi dan pra konsep
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran

B.      Kegiatan Inti

Ø Siswa secara individual mengamati contoh bentuk dokumen-dokumen  kantor yang ditampilkan untuk mengetahui macam-macam dokumen kantor dengan cermat (eksplorasi)
Ø Secara kelompok siswa mendiskusikan hasil pengamatan secara demokratis (eksplorasi)
Ø Mempresentasikan hasil diskusi/pengamatan, siswa yang lain menanggapi dengan penuh tanggungjawab dan saling menghargai (elaborasi dan konfirmasi)

C.      Kegiatan penutup
Ø Membuat kesimpulan tentang dokumen-dokumen kantor
Ø Pemberian tugas secara individual tentang dokumen dokumen kantor

Kegiatan 2
A.      Pendahuluan
Ø Apersepsi, motivasi dan pra konsep
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran

B.      Kegiatan Inti
Siswa secara individual menandai, mengelompokan untuk dapat membedakan dokumen-dokumen kantor sehingga mampu mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor sesuai dengan prosedur kantor dengan cermat dan penuh tanggung jawab (eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi)

C.      Kegiatan Penutup
Pemberian tugas mandiri tentang pengelompokan dokumen-dokumen kantor


V.       Penilaian
1.      Tes Lisan
2.      Tes Tertulis

Soal-soal:
1.      Tes Lisan
Sebutkan macam-macam dokumen kantor

2.      Tes Tertulis
Menuliskan perbedaan dokumen-dokumen kantor
Menuliskan dokumen-dokumen kantor berdasarkan kelompoknya





Kotabumi,  25 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                     Guru Mata Pelajaran



AHMAD YANI, S.Pd                                                              PURWAJI, S.Pd.
                                                                                                NIP. 19691210 199412 1 003

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar