RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Kotabumi
Mata Pelajaran :
Produktif Administrasi Perkantoran
Tingkat/Kelas :
III/XII
Semester : 5(LIMA) dan 6(ENAM)
Tahun Ajaran :
2012/ 2013
Alokasi Waktu :
9 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memproses
Transaksi Keuangan (Kas Kecil)
Kompetensi
Dasar : 1. Mempersiapkan
Pengelolaan Dana Kas Kecil
Indikator :
1. Dapat menyediakan peralatan yang dibutuhkan
untuk pencatatan kas kecil
2. Dapat menyiapkan bukti transaksi
pemakaian dana kas kecil
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi menyiapkan
pengelolaan dana kas kecil ini, diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian
dana kas kecil
2. Menjelaskan prosedur
dalam mengelola kas kecil
a. Pembentukan dalam
mengelola kas kecil
b. Permintaan dan
pertanggungjawaban pengeluaran kas kecil
c. Pengisian kembali kas
kecil
3. Dokumen/bukti pemakaian
dana kas kecil
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian
dana kas kecil
2.
Prosedur
dalam mengelola kas kecil
3.
Bukti
pemakaian dana kas kecil
III. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
3.
Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
Kegiatan Awal
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan
Akhir
|
·
Menyiapkan alat-alat pembelajaran
·
Presensi
·
Apersepsi
·
Pretes Lisan
·
Memotivasi siswa agar aktif dalam PBM
|
1.
EKSPLORASI
a.
Pengertian dana
kas kecil
b.
Pembentukan
dalam mengelola kas kecil
2.
ELABORASI
Mendiskusikan
pengertian dana kas kecil dari berbagai sumber dan menjelaskan peranan
dan fungsi dari kas kecil
3.
KONFIRMASI
Mengklasifikasi hasil tanya jawab bila terjadi
kesalahan
a. Menyimpulkan hasil diskusi kelas di
bawah bimbingan guru
b. Memberi apresiasi terhadap kelompok
yang paling aktif dan baik
c. Memberi teguran pada siswa yang
kurang aktif
|
·
Menyimpulkan tentang pengertian dana kas kecil, peranan
dan fungsi dari dana kas kecil
·
Memberikan tindak lanjut
berupa tugas yang harus dipersiapkan untuk pertemuan yang akan datang
|
V.
SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VI. PENILAIAN
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian Singkat
c.
Instrumen
:
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan dana kas kecil?
2. Transaksi-transaksi apa
saja yang dilayani oleh kas kecil?
3. Sebutkan bagian-bagian
yang terlibat dalam pembentukan dana kas kecil?
VII. PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah
skor tiap-tiap nomer soal
Kunci Jawaban:
1.
Sejumlah
uang tunai/kas yang disediakan di dalam unit perusahaan untuk membayar
pengeluaran biaya yang bersifat rutin dan dalam jumlah yang relative kecil.
2. Biaya konsumsi untuk
rapat, biaya foto copy, biaya transportasi dan lain-lain
3.
Bagian
keuangan, Bagian kasir dan Bagian pemegang dana kas kecil.
PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan Awal
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan
Akhir
|
·
Menyiapkan alat-alat pembelajaran
·
Presensi
·
Apersepsi
·
Pretes Lisan
·
Memotivasi siswa agar aktif dalam PBM
|
1. EKSPLORASI
·
Permintaan pemakaian dana kas kecil menggunakan sistem dana tetap
·
Pertanggung jawaban penggunaan dana kas kecil sistem
dana tetap
2. ELABORASI
·
Mendiskusikan permintaan dana kas kecil sistem data
tetap dan pertanggung jawabannya
3. KONFIRMASI
Mengklasifikasi hasil tanya jawab bila terjadi
kesalahan
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelas di bawah bimbingan
guru
·
Memberi apresiasi terhadap kelompok yang paling aktif
dan baik
·
Memberi teguran pada siswa yang kurang aktif
|
·
Menyimpulkan tentang pengertian dana kas kecil, peranan
dan fungsi dari dana kas kecil
·
Memberikan tindak lanjut
berupa tugas yang harus dipersiapkan untuk pertemuan yang akan datang
|
VI. SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VII. PENILAIAN
a.
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
Instrumen: Uraian singkat
c.
Instrumen:
1.
Jelaskan
prosedur permintaan pemakaian dana kas kecil system dana tetap?
2.
Jelaskan
sifat pengeluaran kas kecil?
VII. PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah
skor tiap-tiap nomer soal : 5
Kunci Jawaban:
1.
Pemakai
dana kas kecil membuat permintaan pengeluaran kas kecil sebanyak 2 lembar dan
menyerahkan kepada pemegang dana kas kecil kemudian pemegang dana kas kecil
menyerahkan uang dan permintaan pengeluaran kas kecil lembar ke 1 kepada fihak
yang meminta kas kecil dan permintaan pengeluaran kas kecil. Lembar ke 2
dicatat pada buku kas kecil dan diarsipkan menurut abjad nama pemakai,
2.
Jumlahnya
relative kecil, bersifat rutin, dan tidak mungkin dibayar dengan cek.
PERTEMUAN KETIGA
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan
Akhir
|
·
Menyiapkan alat-alat pembelajaran
·
Presensi
·
Apersepsi
·
Pretes Lisan
·
Memotivasi siswa agar aktif dalam PBM
|
1.
EKSPLORASI
·
Pengisian kembali dana kas kecil sistem dana tetap.
·
Pengisian kembali dana kas kecil sistem dana tidak
tetap
2.
ELABORASI
·
Mendiskusikan permintaan dana kas kecil sistem data
tetap dan pertanggung jawabannya
3.
KONFIRMASI
Mengklasifikasi hasil tanya jawab bila terjadi
kesalahan
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelas di bawah bimbingan
guru
·
Memberi apresiasi terhadap kelompok yang paling aktif
dan baik
·
Memberi teguran pada siswa yang kurang aktif
|
·
Menyimpulkan tentang pengertian dana kas kecil, peranan
dan fungsi dari dana kas kecil
·
Memberikan tindak lanjut
berupa tugas yang harus dipersiapkan untuk pertemuan yang akan datang
|
VI. SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VII. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen: Uraian
singkat
3. Instrumen:
1. Jelaskan perbedaan
prosedur pengisian kembali kas kecil menggunakan metode dana tetap dan metode
dana tidak tetap?
VIII.
PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah
skor tiap-tiap nomer soal : 5
Kunci Jawaban:
1. Pengisian dana kas kecil
dengan system dana tetap berdasarkan jumlah pengeluaran yang telah dikeluarkan,
sedangkan system dana tidak tetap pengisian kembali dana kas kecil sebesar
taksiran jumlah uang tunai yang diperlukan oleh pemegang dana kas kecil.
Ketua Program Keahlian Kotabumi, Juli 2012
Administrasi Perkantoran, Guru
Mata Pelajaran,
Dra. EMA SURYANI PURWAJI,
S.Pd.
Nip. Nip.
19691210 199412 1 003
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Kotabumi,
Drs.
SYAMSI
Nip. 19621215 199002 1 002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Kotabumi
Mata Pelajaran :
Produktif Administrasi
Perkantoran
Tingkat/Kelas :
III/XII
Semester :
5(LIMA) dan 6(ENAM)
Tahun Ajaran :
2010/2011
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memproses
Transaksi Keuangan (Kas Kecil)
Kompetensi
Dasar : 2. Menghitung
Mutasi Dana Kas Kecil
I. INDIKATOR
1. Dapat mengidentifikasi
saldo awal kas kecil
2. Mengidentifikasi bukti
pemakaian dana kkas kecil
3. Dapat menghitung jumlah
pemakaian dana kas kecil
4. Dapat menghitung sisa
dana kas kecil
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi menghitung mutasi dana kas kecil ini, diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian
saldo awal kas kecil.
2. Menjelaskan bukti
pemakaian dana kas kecil
3.
Menghitung jumlah pemakaian dana kas kecil
4.
Menghitung sisa dana kas kecil
III.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Saldo awal kas kecil
2. Bukti pemakaian dana kas
kecil
3. Jumlah pemakaian dana
kas kecil
4. Sisa dana kas kecil
IV. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
V. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KEEMPAT
1. Kegiatan Awal
a. Menyiapkan alat-alat
pembelajaran.
b. Menanyakan pelajaran
yang lalu.
c. Menyampaikan KD yang
harus dikuasai.
2. Kegiatan Inti
Menjelaskan kepada siswa tentang:
a. Pengertian saldo awal
kas kecil
b. Bukti pemakaian dana kas
kecil.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa membuat
kesimpulan.
b. Melaksanakan tes
tertulis pada individu siswa.
c. Memberikan tugas mempelajari
materi berikutnya
VI. SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VII. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian : Tes tertulis
2. Bentuk instrument :
Uraian singkat
3. Instrumen :
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan saldo awal kas kecil?
2. Sebutkan bukti pemakaian
dana kas kecil?
VIII.
PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah
skor tiap-tiap nomer soal
Kunci Jawaban:
1.
Saldo
awal kas kecil yaitu jumlah saldo kas kecil pada saat pembentukan atau jumlah
saldo kas kecil setelah diisi kembali.
2.
Bukti
pengeluaran kas kecil
PERTEMUAN
KELIMA
1. Kegiatan Awal
a. Menyiapkan alat-alat
pembelajaran
b. Menanyakan pelajaran
yang lalu
c. Menyampaikan KD yang
harus dikuasai
2. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan kepada siswa tentang:
a. Tujuan diadakannya
penghitungan sisa dana kas kecil
b. Memberikan contoh
penghitungan fisik dana kas kecil
c. Guru bersama siswa
membahas contoh soal tersebut
3. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan
b.
Memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi
berikutnya
VI.
SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VII. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian : Tes tertulis
2. Bentuk instrument :
Uraian singkat
3. Instrumen :
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan sisa dana kas kecil?
2. Ana kas kecil?
VIII.
PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah
skor tiap-tiap nomer soal
Kunci Jawaban:
1. Sisa dana kas kecil
yaitu jumlah kas kecil awal periode ditambah dengan pengisian kembali dana kas
kecil dikurangi dengan jumlah pengeluaran dana kas kecil.
2. Untuk pengawasan
terhadap pemegang kas kecil agar tidak terjadi penyelewengan terhadap
penggunaan dana kas kecil.
Ketua Program Keahlian Kotabumi, Juli 2012
Administrasi Perkantoran, Guru
Mata Pelajaran,
Dra. EMA SURYANI PURWAJI,
S.Pd.
Nip. Nip.
19691210 199412 1 003
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Kotabumi,
Drs.
SYAMSI
Nip. 19621215 199002 1 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Kotabumi
Mata Pelajaran :
Produktif Administrasi Perkantoran
Tingkat/Kelas :
III/XII
Semester :
5(LIMA) dan 6(ENAM)
Tahun Ajaran :
2010/2011
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memproses
Dokumen Dana Kas kecil
Kompetensi
Dasar : 3. Menghitung
Selisih Dana Kas Kecil
I.
INDIKATOR
1. Menghitung selisih dana
kas kecil
2. Memverifikasi selisih dana
kas kecil
3. Menentukan kewajaran
selisih jumlah dana kas kecil sesuai dengan ketentuan perusahaan
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi ini, diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan penyebab
terjadinya selisih dana kas kecil
2. Menghitung selisih dana
kas kecil
3. Menjelaskan selisih dana
kas kecil
4. Menentukan kewajaran
selisih jumlah dana kas kecil sesuai dengan ketentuan perusahaan
III. MATERI PEMBELAJARAN
1. Selisih dana kas kecil
2. Penyebab selisih dana
kas kecil
3. Selisih lebih dan
selisih kurang
4. Pencatatan selisih kas
kecil
IV. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
V.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KEENAM
1. Kegiatan Awal
a. Menyiapkan alat-alat
pembelajaran
b. Mengkaji sejauhmana
pemahaman siswa tentang materi sebelumnya
c. Menyampaikan KD yang
harus dikuasai siswa
2. Kegiatan Inti
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang:
a. Penyebab selisih dana
kas kecil
b. Selisih lebih dan
selisih kurang
c. Cara pencatatan adanya
selisih kurang dan selisih lebih
d. Menjelaskan contoh soal
tentang selisih kas kecil
e. Membahas soal bersama
3. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan
b. Guru memberikan evaluasi
tertulis kepada individu siswa
c. Guru memberikan tugas
untuk mempelajari materi untuk pertemuan yang akan datang
VI. SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VII. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian : Tes
tertulis
2. Bentuk Instrumen :
Uraian Singkat
3. Instrumen :
1. Jelaskan sebab-sebab
terjadinya selisih dana kas kecil?
2. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan selisih lebih dan selisih kurang?
3. Tanggal 31 Agustus 2010 saldo
kas kecil Rp 1.750.000,- tetapi jumlah
kas kecil secara fisik Rp 1.950.000,- Buatlah jurnalnya!
4. Pada tanggal 31 Juli
2010 saldo rekening kas kecil Rp 1.570.000,- tetapi berdasarkan perhitungan
fisik Rp 1.750.000,- Setelah diadakan pemeriksaan ternyata penerimaan dana kas
kecil dari kas besar pada tanggal 15 Juli 2010 sebesar Rp 950.000,- hanya
dicatat Rp 770.000,- buatlah jurnalnya!
VIII.
PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah skor
x 4
Jawab:
1. Adanya uang palsu,
kesalahan dalam mencatat ke dalam jurnal, kehilangan akibat keliru pada saat
pertukaran, jumlah yang diterima lebih besar daripada jumlah yang dicatat atau
sebaliknya dan lain-lain.
2. Selisih kas lebih
terjadi jika kas menurut perhitungan fisik lebih besar dari pada kas menurut
catatan. Sedang selisih kas kurang terjadi jika kas menurut perhitungan fisik
lebih kecil daripada kas menurut catatan.
3. Kas Kecil Rp
200.000,-
Selisih Kas Rp
200.000,-
Kas kecil Rp
180.000,-
Kas Rp
180.000,-
Ketua Program Keahlian Kotabumi, Juli 2012
Administrasi Perkantoran, Guru
Mata Pelajaran,
Dra. EMA SURYANI PURWAJI,
S.Pd.
Nip. Nip.
19691210 199412 1 003
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Kotabumi,
Drs.
SYAMSI
Nip. 19621215 199002 1 002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Kotabumi
Mata Pelajaran :
Kejuruan Administrasi Perkantoran
Tingkat/Kelas :
III/XII
Semester :
5(LIMA) dan 6(ENAM)
Tahun Ajaran :
2010/2011
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memproses
Transaksi keuangan (Kas Kecil)
Kompetensi
Dasar : 4. Menentukan
Pengisian Dana Kas Kecil
I. INDIKATOR
1.
Menentukan
jumlah pengisian dana kas kecil
2.
Menentukan
jumlah pengisian kembali dana kas kecil
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari
materi ini, diharapkan siswa dapat:
1.
Menentukan
jumlah pengisian dana kas kecil
2.
Menentukan
jumlah pengisian kembali dana kas kecil
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Prosedur
pengisian dana kas kecil
2. Contoh pengisian kembali
dana kas kecil
IV. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KESEBELAS
1.
Kegiatan
Awal
a.
Menyiapkan
alat-alat pembelajaran
b.
Mengkaji
sejauhmana pemahaman siswa tentang prosedur pengisian kembali dana kas kecil
c. Menyampaikan KD yang harus dicapai oleh siswa
2.
Kegiatan
Inti
Guru menjelaskan kepada siswa tentang:
a. Prosedur pengisian
kembali dana kas kecil
b.Memberikan contoh soal
yang relevan
c. Membahas soal tersebut
3.
Kegiatan
Akhir
a. Guru bersama siswa membuat
kesimpulan
b.Melaksanakan tes tertulis kepada individu siswa
VI. SUMBER BELAJAR
1.
Modul
SMK “Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil” PT Galaxy Mega Puspa
2.
Pengantar Akuntansi,
Rudianto, Penerbit Erlangga.
3.
Administrasi Perkantoran,
Dra Aan Hariyanah, dkk, Penerbit HUP
Bandung
4.
Modul Mengelola Transaksi
Keuangan, Sri Rahayu, MediaTama
5.
Modul Mengelola Dana Kas
Kecil, Sri Endang R dkk, Erlangga
VII.PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
2.
Bentuk
Instumen : Uraian singkat
3.
Instrumen
:
1. Berikut adalah bukti
administrasi kas kecil yang ada pada pemegang kas kecil:
a. Bukti Permintaan
Pengeluaran Kas Kecil (PPKK) sebesar Rp 21.500.000,-
b. Bukti pengeluaran kas
kecil:
-
BPKK
No. 1260 tanggal 10 September 2008 dikeluarkan Rp 3.998.000,-
-
BPKK
No. 8284 tanggal 12 September 2008 dikeluarkan Rp 4.998.750,-
-
BPKK
No. 7691 tanggal 12 September 2008 dikeluarkan Rp 6.997.125,-
-
BPKK
No. 4902 tanggal 16 September 2008 dikeluarkan Rp 5.498.600,-
Pemegang
kas kecil akan mengisi kembali kas kecil tanggal 18 September 2008.
Diminta:
Buatlah permintaan pengisian kembali kas kecil (PPKKK) atas dasar transaksi
diatas!
VIII.PEDOMAN PENILAIAN
Nilai Akhir = Jumlah
skor : 0,4
Jawab:
PT SERASI RAHAYU
Permintaan Pengisian Kas Kecil 2008
|
Mohon
diisi kembali dana kas kecil sebesar Rp 21.500.000,-
Pengeluaran kas kecil (terlampir):
- BPKK No. 1260 Rp 3.998.000,-
- BPKK No. 8284 Rp 4.998.750,-
- BPKK No. 7691 Rp 6.997.125,-
- BPKK No. 4902
Rp 5.498.600,-
Jumlah pengeluaran Rp 21.492.475,-
Selisih Rp 7. 525,-
Total permintaan
pengisian kembali kas kecil
Rp 21.500.000,-
|
Ketua Program Keahlian Kotabumi, Juli 2012
Administrasi Perkantoran, Guru
Mata Pelajaran,
Dra. EMA SURYANI PURWAJI,
S.Pd.
Nip. Nip.
19691210 199412 1 003
Mengetahui :
Kepala SMK Negeri 1 Kotabumi,
Drs.
SYAMSI
Nip. 19621215 199002 1 002
TRMA KSIH BERBAGINYA.........ILMU
BalasHapus